Wednesday, March 18, 2009

april mop


kebetulan tepat 1 april merupakan tanggal kelahiranku.
bersamaan "april mop"- apa itu???
di bawah ini aku cuplikkan "sejarah april mop"

Umat Islam banyak yang "latah" dan merayakan April Mop tanpa mengetahui dasar dan asal muasal peristiwa tersebut, kata cendekiawan Muslim, Ir. H. Asmara Dharma, dalam tulisannya yang diterima Antara di Medan, Minggu.
Dijelaskannya, perayaan April Mop itu diawali peristiwa penyerangan besar-besaran oleh tentara Salib terhadap negara Spanyol yang ketika itu di bawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi.

Kota-kota Islam di Spanyol, seperti Zaragoza dan Leon di wilayah Utara, Vigo dan Forto di wilayah Timur, Valencia di wilayah Barat, Lisabon dan Cordoba di Selatan serta Madrid di pusat kota dan Granada sebagai kota pelabuhan berhasil dikuasai tentara Salib.

Umat Islam yang tersisa dari peperangan itu dijanjikan kebebasan jika meninggalkan Spanyol dengan kapal yang disiapkan di pelabuhan Granada. Tentara Salib itu menjanjikan keselamatan dan memperbolehkan ummat Islam menaiki kapal jika mereka meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka.

Namun ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya sandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum Muslimin dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah.

Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji itu terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai "The April Fool Day". Selanjutnya, kata Dharma, peristiwa "The April Fool Day" itu dipopulerkan menjadi April Mop dengan "ritual" boleh mengerjai, menipu dan menjahili orang lain pada tanggal itu, tetapi bernuansa gembira.

"Ritual tersebut disyaratkan dengan tidak bolehnya orang yang ditipu dan djahili itu marah dan membalas," katanya.
Setelah mengetahui sejarah April Mop itu, umat Islam, khususnya kaum remaja, tidak selayaknya merayakan April Mop karena sama artinya merayakan pembantaian umat Islam. (*)

* Dikutip dari kantor berita Antara, 30 Maret 2008, berjudul "Umat Islam Tak Pantas Rayakan April Mop"
Ditulis dalam Gado-Gado
Download dari http://waln.wordpress.com
*******************************************

1 Comments:

Blogger endhoot said...

met ulang tahun, pak!

4/01/2009 9:41 PM  

Post a Comment

<< Home